Membuat Hp Xiaomi Menjadi Facecam Untuk Live Streaming

Membuat Hp Xiaomi Menjadi Facecam Untuk Live Streaming


Mystereno – “Membuat Hp Xiaomi Menjadi Facecam Untuk Live Streaming” Ya kamu tidak salah baca! kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk menjadikan kamera hp khususnya hp xiaomi sobat untuk dijadikan facecam. Sebelum itu, perlu diketahui untuk mengalihfungsikan hp xiaomi sobat menjadi facecam saran dari saya gunakan hp android yang bekas atau hp android yang sudah tidak dipakai karena sayang kalau memakai hp yang masih digunakan sehari-hari, karena nantinya untuk membuat hp xiaomi ini menjadi facecam secara otomatis kamera nya akan selalu hidup jika digunakan dan tentu saja pemakaian baterai juga akan boros. Dan salah satu syarat untuk membuat hp xiaomi ini menjadi facecam yaitu kamu harus mengaktifkan mode “pengembang” pada hp android kalian, kemudian kalian harus menginstall beberapa aplikasi pada pc/laptop kamu dan juga pada hp android kamu. Untuk caranya, silahkan kamu ikuti caranya di bawah ini.

1. Aktifkan mode “pengembang atau USB Debugging” pada hp xiaomi kamu, untuk caranya silahkan baca postingan berikut : CaraMengaktifkan USB Debugging Pada Hp Xiaomi Mi5

2. Download dan install aplikasi DroidCam pada hp xiaomi kamu dan aplikasi Dev47Apps pada komputer/laptop.


3. Jika sudah melakukan step 1 dan 2, silahkan kamu hubungkan hp xiaomi kamu ke komputer/laptop. Kemudian rubahlah mode “konfigurasi USB” pada “opsi pengembang” menjadi mode “MIDI” seperti gambar di bawah :


4. Buka aplikasi DroidCam Client yang sudah di install pada komputer/laptop yang di download pada web Dev47Apps tadi, kemudian buka juga aplikasi DroidCam pada hp xiaomi dan jangan di close aplikasinya, biarkan tetap keadaan selalu dibuka.

5. Pilih mode “Connect Over Usb” pada aplikasi “DroidCam Client” dan jika hp xiaomi kamu sudah terhubung dengan benar dengan komputer/laptop dan sudah dilakukan step-stepnya dari nomer 1 sampai 4 dengan benar maka klik “Connect” pada aplikasi “DroidCam Client”. Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.
Tampilan Pada Aplikasi DroidCam Client PC
Tampilan Gambar Pada Aplikasi DroidCam Xiaomi
6. Jika ingin menampilkan kamera facecam yang sudah di konfigurasi tadi pada hp xiaomi ke aplikasi live streaming seperti “OBS”. Caranya cukup buka aplikasi obs nya dan klik tanda “+” pada bagian “source” dan pilih “Video Capture Device” kemudian klik “ok”. Biarkan settingannya secara default dan klik “ok”. Jika sudah maka violaaa facecam kamu muncul pada aplikasi obs nya dan siap digunakan untuk live streaming, silahkan kamu atur-atur posisinya maupun ukuran dari facecamnya.


Oke gampangkan? Ikuti aja cara-caranya dari step nomer 1 sampai 5, jika dilakukan dengan benar dan teliti pasti berhasil kok khususnya jika menggunakan hp xiaomi, jika kamu menggunakan hp selain xiaomi mungkin perbedaannya terletak pada pengaturan untuk mengaktifkan opsi pengembang atau usb debuggingnya saja dan pengaturan mode usbnya, selebihnya sama aja kok.

Cukup sekian dulu tutorialnya untuk kali ini tentang “Membuat Hp Xiaomi Menjadi Facecam Untuk Live Streaming”. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan untuk berkomentar di bawah ya sob. Sampai jumpa di postingan selanjutnya …